Senin, 06 November 2017

Kecerdasan Buatan Punya KTP di Jepang

Jepang memberikan status kependudukan tetap untuk sebuah kecerdasan buatan, yang bahkan tidak memiliki wujud secara fisik.

Pendatang baru tersebut bernama Shibuya Mirai, yang diasosiasikan sebagai seorang anak laki-laki berusia tujuh tahun yang setingkat dengan anak kelas 1 sekolah dasar, meskipun sejatinya ia merupakan sebuah chat bot.

Karakter virtual ini dapat melakukan percakapan dengan setiap orang melalui teks menggunakan aplikasi berbagi pesan LINE



Mirai sendiri mendapat sertifikat kependudukan khusus dari daerah Shibuya, Tokyo, yang merupakan area populer dengan banyaknya anak muda pecinta fashion di sana.

Hal tersebut membuatnya menjadi kecerdasan buatan virtual bertama di Jepang, atau bahkan di dunia, yang mendapat tempat di dunia nyata melalui status kependudukan.

Pemerintah daerah Shibuya sendiri mengatakan bahwa proyek tersebut bertujuan agar mereka lebih dikenal oleh masyarakat serta membuat mereka mendengar aspirasi dari warga setempat.

"Hobinya adalah mengambil gambar dan mengobservasi orang-orang. Ia pun senang berbincang dengan siapa pun tentang hal apa pun," kata Jubir Pemerintah daerah Shibuya dalam pertemuannya bersama Microsoft, salah satu pengembang karakter kecerdasan buatan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar