Sabtu, 30 Desember 2017

Cara-Cara Terbaik Merawat AC Demi Kesejukan Ruangan Rumah yang Tahan Lama

Saat udara panas, maka benda yang akan kita cari pertama kali adalah buku atau kipas manual. Namun setelah ada kipas angin, maka giliran kipas anginlah yang akan ronda semalam suntuk. Lebih praktis dan tidak lelah kipas-kipas.

Ditambah lagi kini ada yang lebih baru lagi dan juga lebih canggih untuk mengatasi kegerahan di dalam ruangan atau rumah, yakni AC atau Air Conditioner. Untuk itulah kemudian menggunakan diimbangi dengan banyaknya tukang AC seperti service AC Surabaya ini.


Setiap kali ada teknologi terbaru, maka akan ada orang yang ahli dibidangnya. Seperti kemunculan AC ini yang kemudian membuat kemunculan tukang service AC. Dimana mereka sebenarnya adalah para ahli elektro. Mereka mempelajari tentang komponen-komponen AC sehingga akan paham penanganannya.

Walaupun AC ini adalah teknologi yang baru, namun kemungkinan akan kerusakan sangatlah besar. Ini dikarenakan dalam penggunaan, pastinya ada hal-hal yang mengganggu. Seperti konsleting listrik, konsleting mesinnya, atau hal-hal lain. Jika rusak, maka kita sendiri yang akan bingung.

Ruangan yang diinginkan adalah ruangan yang sejuk. Jadi dengan adanya AC, kita akan terbiasa dengan ruangan yang sejuk. Untuk itu, AC rusak langsung dilakukan perbaikan dengan memanggil tukang service AC.

Memiliki nomer telepon service AC adalah hal wajib jika kita memiliki AC. Namun sebisa mungkin kita meminimalisir pemanggilan tukang service. Kalaupun memanggilnya bukanlah karena kerusakan AC, melainkan untuk merawat AC.

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat AC awet :
       Jangan menyalakan AC saat pintu ruangan terbuka. Ini akan menyebabkan udara atau uap sejuk yang dikeluarkan AC akan jebol ke luar ruangan. Ruangan tidak akan sejuk melainkan tetap panas. AC akan bekerja lebih keras dan menyebabkan mesinnya tekor dan lama kelamaan akan rusak. Jasa service AC Surabaya kebanyakan menghadapi permasalahan AC yang seperti ini.

       Mematikan AC jika keluar rumah. Ini penting untuk menghemat listrik. Akan percuma AC dinyalakan jika tidak ada orang di rumah. Selain itu juga untuk memberikan waktu mesinnya untuk istirahat.

       Menerapkan pengaturan pada fitur timer pada AC, sehingga AC akan memiliki waktu bekerja yang teratur.

       Gunakan suhu AC rata-rata 22° Celcius. Hal ini jangan sampai di bawah batas minimal ini, karena akan membuat AC cepat rusak. Ada alasan sendiri mengapa angka suhu ini dijadikan patokan, yakni sudah disesuaikan dengan suhu rata-rata di Indonesia sebagai negara beriklim tropis.

       Rajin membersihkan AC. Ini penting untuk memberikan performa AC terbaik. Bagian yang dibersihkan adalah bagian kipasnya, saringan udaranya, evaporatornya, dan lain-lain.

Jika merasa belum bisa maksimal atau belum puas dengan membersihkannya sendiri, kita bisa mengundang ahli AC. Sehingga bukan hanya membersihkan saja, melainkan juga mengecek kondisi mesin AC. Terutama bagian freon yang memberikan pengaruh besar terhadap suhu AC.

       Beri jeda untuk menyalakan AC sesaat setelah mati lampu. Jangan langsung menyalakan, karena akan membuat mesin AC kaget. Beri jeda bagi mesin untuk beroperasi kembali setelah keadaan syok mati lampu tiba-tiba.

Merawat AC sama dengan merawat alat elektronik yang lainnya. Yang terpenting adalah menggunakannya sesuai prosedur penggunaan, rajin membersihkan, dan rajin konsultasi kepada ahli AC. Seperti menggunakan jasa service AC Surabaya ini. Jadi peran jasa service AC bukan hanya dipanggil saat AC rusak saja, melainkan bisa dijadikan pendamping untuk merawat AC.


0 komentar:

Posting Komentar