Senin, 12 Februari 2018

6 Persiapan Lengkap saat Liburan ke Raja Ampat Bersama Pasangan


Di tubuh masyarakat, masih berembus stereotip kalau liburan ke Raja Ampat itu berbahaya. Banyak perang suku, jalanan belum terurus, minim wisata menarik, dan lainnya. Faktanya, saat ini Papua menjadi salah satu pulau yang sangat direkomendasikan para wisatawan domestik maupun mancanegara. Saat liburan, ini yang perlu Anda siapkan.



1. Anggaran Bujet yang Bisa Dijangkau PP

Sebetulnya untuk liburan ke Raja Ampat tidak memerlukan biaya yang mahal. Hanya sekitar 8 juta Rupiah, Anda sudah bisa menikmati perjalanan dari pesawat, wisata di Raja Ampat, hingga pulang. Estimasi perjalanan dari Pulau Jawa ke Sorong itu antara 1,5 juta hingga 2 juta Rupiah. Jadi yang 4 juta bisa dipakai untuk jalan-jalan di sana.

Berhubung Anda datang ke Raja Ampat dengan pasangan, maka perlu biaya tambahan 4 juta untuk perjalanan pesawatnya. Bujet 4 juta sudah cukup, kan? Kalau Anda bekerja dengan gaji 3 juta Rupiah dan bisa menyisihkan 2 juta per bulan, dalam waktu 5-6 bulan sudah bisa ke Raja Ampat. Sebagai catatan, lebih baik pesan tiket pesawatnya 3 bulan jelang berangkat.

2. Siapkan Agenda Jalan-Jalan di Raja Ampat

Jalan-jalan ke Raja Ampat tanpa rencana itu mustahil bisa berjalan dengan lancar. Soalnya di Raja Ampat saat ini sudah banyak titik wisata yang menarik. Jadi, putuskan arah jalan-jalannya sebelum menjejaki tanah Raja Ampat. Biar biaya akomodasinya lebih murah, sebaiknya Anda hanya bawa satu ransel saja. Pasangan Anda tidak keberatan, bukan?

Pesawat yang akan Anda tumpangi nantinya mendarat di Bandar Udara Domine Eduard Osok (Sorong). Setelah itu, Anda bebas mau ke mana saja. Apakah mau ke Kota Waisai, Wayag, Pulau Misool, Pulau Salawati, atau lainnya. Tapi saran terbaiknya, kunjungi satu titik wisata saja untuk menghemat pengeluaran sekaligus agar bisa berbaur dengan warga sekitar.

3. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Warga Sekitar

Seringkali orang masih ada juga yang menganggap kalau warga Papua kasar-kasar. Padahal faktanya orang Papua, termasuk warga Raja Ampat sangat ramah. Bagi mereka, orang yang datang dari luar pulau adalah tamu yang harus dihormati. Bahkan kalau Anda beruntung, mereka juga bisa memberikan tempat menginap gratis.

Di Raja Ampat terdapat sekitar 12 suku yang berbeda. Ada suku Kawe, Laganyan, Ambel, Batanta, Tepin, Fiat, Moi, Matbat, dan lainnya. Usahakan selalu jalin komunikasi dengan baik dengan warga sekitar. Kalau Anda menghargai mereka, maka mereka pun akan menghargai Anda. Mereka juga akan melindungi Anda dari bahaya, kalau ada.

4. Siapkan Asuransi Perjalanan dalam Negeri

Liburan ke tempat jauh tanpa asuransi itu ibarat jalan-jalan pakai motor tanpa memakai helm. Ketika terjadi kecelakaan, kepala yang tidak terlindungi mudah bocor. Sebetulnya perjalanan ke Raja Ampat itu aman. Hanya saja, kita tidak tahu apakah akan terjadi hal buruk atau tidak sepanjang liburan. Memang berapa tarif rata-rata untuk asuransi perjalanan di Indonesia?

Murah sekali. Hanya di bawah 15 ribu per harinya. Dengan rutin membayar premi yang tertanggung, rumah yang Anda tinggalkan semasa perjalanan aman. Ketika sakit, biaya sudah ada yang menanggung. Bahkan ketika makan maupun soal penginapan juga sudah ditanggung, asalkan Anda membeli perluasan asuransinya.

5. Bawa Dokumen Penting saat Liburan ke Raja Ampat

Memang tidak semua dokumen harus dibawa. Dokumen yang dibawa ke Raja Ampat tidak sebanyak saat pergi ke luar negeri. Cukup bawa KTP asli, fotokopi Akta Kelahiran, asuransi perjalanan di Indonesia, dan lain-lain yang diperlukan. Meski Raja Ampat masih satu negara dengan Anda, tapi soal verifikasi identitas diri amat diperhatikan oleh orang sana.

Mereka hanya akan menjamin pengunjung yang memiliki identitas sejelas mungkin. Jadi, misalnya di sana terjadi bencana alam, pihak keamanan Raja Ampat akan mudah mengenali Anda sebagai warga Indonesia. Soalnya di sana tidak hanya wisatawan domestik saja yang berkunjung, melainkan dari berbagai negara dengan identitas masing-masing.

6. Memilih Tempat Penginapan yang Aman dan Nyaman

Kalau Anda hanya pergi sendiri, tidak masalah andaikata tidur di bawah sinar bulan sekalipun. Tapi Anda liburan ke Raja Ampat itu bersama pasangan (harus pasangan yang sah, ya). Maka mau tidak mau harus mencari penginapan yang aman dan nyaman untuk tidur bersama. Apa saja penginapan yang nyaman untuk pasangan?

Ada Waiwo Dive Resort. Letak penginapan ini ada di Waisai. Dekat dengan Bandar Udara Domino Eduard Osok. Biaya penginapan di sana hanya 450 ribuan per malamnya. Selain itu ada pula penginapan di Sawing Rai yang berdekatan dengan homestay lainnya. Kalau Anda membeli perluasan asuransi perjalanan di Indonesia, tidak perlu bayar penginapan lagi.

Raja Ampat sangat maju sejak beberapa tahun yang lalu. Banyak wisata baru dibuka di sana sekaligus peningkatan di bidang infrastrukturnya. Orang yang main ke Raja Ampat pasti betah lama-lama. Tapi saran terbaiknya, mending liburan dalam jumlah hari yang sedikit saja. Itu pun kalau Anda dan pasangan menginginkan liburan hemat di Raja Ampat.

0 komentar:

Posting Komentar