Senin, 16 April 2018

5 Syarat yang Wajib Dimiliki Wartawan saat Menulis Berita Harian


Menjadi seorang wartawan yang bisa meliput berbagai peristiwa dan menjadikannya sebagai berita harian terbaik bukanlah perkara yang mudah. meski begitu, bukan juga merupakan satu perkara yang sulit. Bisa dikatakan, menjadi seorang wartawan itu gampang-gampang susah. Untuk menghasilkan sebuah berita yang bagus, mereka harus terlatih.


Selain terlatih, mereka juga wajib memenuhi syarat-syarat seorang wartawan dalam menulis suatu berita yang disampaikan kepada banyak orang. Baik itu yang disampaikan di media elektronik, cetak ataupun daring. Lalu, sebenarnya apa saja syarat yang wajib dipenuhi seorang wartawan dalam menyajikan sebuah berita?

1. Kejujuran
Salah satu syarat yang wajib dimiliki seorang wartawan dalam menulis sebuah berita adalah kejujuran. Sebenarnya, semua bidang pekerjaan mengharuskan untuk memiliki kejujuran dalam melakukan pekerjaannya. Namun, bagi seorang wartawan, kejujuran jauh lebih penting. Sebab, hubungannya sangat erat dengan berita yang disampaikan.

Berita yang dibuat oleh seorang wartawan yang jujur adalah fakta yang benar-benar terjadi dan apa adanya. Tidak ada penambahan bumbu berita yang membuatnya menjadi sensasional. Tak ada juga unsur fiksi di dalamnya yang berasal dari pikiran si penulis.

2. Kecermatan
Syarat lainnya yang wajib dimiliki seorang wartawan dalam menulis berita mengenai perkembangan berita harian adalah kecermatan. Kecermatan ini sangat dibutuhkan oleh seorang wartawan. Sama halnya dengan kejujuran, kecermatan juga penting karena berhubungan dengan berita yang disampaikan pada pembaca.

Berita yang ditulis harusnya merupakan berita yang benar-benar terjadi seperti pada kenyataan dan ditulis dengan tepat pula. Bila perlu, seluruh pernyataan atau opini yang ada dalam berita tersebut disebutkan sumbernya.

3. Keseimbangan
Selanjutnya ada keseimbangan. Sebuah berita harian yang seimbang dan tidak memihak adalah hal yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan berita yang berimbang, mereka bisa mendapatkan sebuah informasi yang apa adanya dan tidak memihak. Nah, agar berita yang ditulis seimbang, penulis harus memperhatikan banyak hal.

Beberapa hal tersebut seperti penampilan fakta dari masalah pokok, tidak memasukkan informasi yang tidak relevan, tidak menyesatkan ataupun menipu khalayak, tidak memasukkan emosi atau pendapat pribadi dalam berita dan ditulis seakan-akan itu adalah fakta. Tampilkan juga sudut pandang yang relevan dari masalah yang diberitakan.

4. Kelengkapan dan Kejelasan
Syarat keempat yang perlu dimiliki seorang wartawan dalam menulis sebuah berita adalah kelengkapan dan kejelasan. Berita yang lengkap dan jelas serta tidak setengah-setengah akan memberikan informasi yang utuh untuk pembaca. Dengan begitu, tidak akan menimbulkan salah persepsi bagi pembaca.

Berita yang lengkap haruslah berdasar konsep 5W + 1H. Dengan adanya informasi yang berhasil menjawab semua pertanyaan dalam konsep ini seperti mengenai waktu kejadian peristiwa dalam berita, siapa saja yang terlibat dan masih banyak lagi, maka barulah berita tersebut bisa dikatakan seimbang dan jelas.

5. Keringkasan
Lalu keringkasan. Seorang wartawan yang baik harusnya juga bisa menulis berita yang ringkas namun tetap jelas. Maksudnya, informasi yang dibutuhkan pembaca dari berita tersebut bisa disampaikan dengan tepat dan memasukkan semua informasi penting meskipun panjang berita tersebut bisa dikatakan sangat singkat.

Itulah beberapa syarat yang perlu dimiliki seorang wartawan sebelum ia memutuskan menulis sebuah berita harian. Dengan terpenuhinya semua syarat ini, wartawan akan bisa menulis berita yang baik dan sesuai kaidah serta info yang disampaikan tepat. Jadi, bila seorang wartawan tak memenuhi syarat ini, bisa dipastikan ia tak bisa membuat berita yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar