Rabu, 13 Juni 2018

Ini Dia Perkembangan Janin Minggu Ke-36 (9 Bulan)


Saat usia 9 bulan merupakan bulan yang sangat di tunggu-tunggu bagi semua ibu, karena pada usia 9 bulan ini sang janin sudah bersiap-siap untuk dilahirkan ke dunia. Selain itu, janin juga akan mengalami sedikit pertumbuhan dan juga pematangan organ yang belum matang. Pertumbuhan dan pematangan tersebut sangat dibutuhkan oleh janin untuk hidup di dunia ini. Oleh karena itu, para ibu hamil harus fokus dan juga tidak boleh stress dan juga harus fokus untuk berat badan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut perkembangan janin minggu ke-36 (9 Bulan) yang harus bunda ketahui :

1. Perkembangan Janin Minggu Ke-36 (9 Bulan)
  • Saat usia kandungan 9 bulan,kulit dan jaringannya sudah terbentuk dengan sempurna, dan mempunyai kulit yang sudah tidak transparan lagi seperti usia-usia sebelumnya.
  • Otak janin sudah berkembnag dengan pesat.
  • janin sudah memiliki antibodi yang sempurna,namun antibodi dari ibunyalah yang akan memberikan perlindungan yang berharga bagi janin, agar tidak mengalami infeksi dan penyakit yang membahayakan.
  • Kepala janin sudah masuk ke dalam lubang panggul sehingga posisi janin tidak akan berubah-ubah lagi seperti posisi sebelumnya.
  • Perkembangan janin 9 bulan saat minggu ke 36 akan memiliki berat badan 1,9 kg sampai dengan 3 kg dan panjang janin sudah mencapai 48 cm.
  • Rambut janin sudah tumbuh secara sempurna, dan juga berbagai indera yang dimiliki oleh janin.
  • Alis dan bulu mata janin telah tumbuh sempurna dan mempunyai lanugo yang ada di sekitar tubuhnya.
  • Usia 9 bulan paru-paru janin telah terbentuk secara sempurna, sehingga bayi siap untuk hidup di luar rahim.
2. Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil
Perubahan pada ibu hamil yang memasuki trimester terakhir memiliki berat badan yang naik lebih dari 10 kg atau sampai dengan 15 kg. selain itu perubahan yang bisa terjadi saat usia kehamilan 9 bulan ialah cairan ketuban di dalam rahim ibu hamil akan berkurang dan juga ibu hamil akan mengalami kontraksi palsu.
Demikianlah ulasan singkat mengenai perkembangan janin di usia 9 bulan, yang semoga bermanfaat bagi anda terutama untuk para ibu hamil. Mengingat keterbatasan waktu yang tersedia, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai disini saja. Akhir kata cukup sekian, dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan dan asupan nutrisinya.

0 komentar:

Posting Komentar